Jumat, 11 Maret 2016

Kata Ganti Orang dalam Bahasa Hindi

Kata ganti adalah kata yang berfungsi untuk menggantikan orang, benda, dll.
Lalu, apa saja kata ganti orang dalam bahasa hindi?
Check it out!
……
1). Saya / Aku = Main ( मैं )
2). Anda = Aap ( आप )
3). Kamu = Tum ( तुम )
4). Kau = Tu ( तू )
5). Dia (dekat) = Yah ( यह )
6). Dia (jauh) = Vah ( वह )
7). Kita / Kami = Hum ( हम )
8). Mereka (dekat) = Ye ( ये )
9). Mereka (jauh) = Ve ( वे )
……
Itulah daftar kata ganti orang dalam bahasa Hindi. Kata ganti orang dalam bahasa hindi juga punya to be sama seperti kata ganti orang dalam bahasa inggris.
To be dalam bahasa hindi merupakan bentuk masa kini dari kata kerja 'Hona'. Lalu, apa sajakah to be dalam bahasa hindi?
Check it out!
……
1). I (am) = Main (Hoon)
2). You (are) = Aap (Hain)
3). You (are) = Tum (Ho)
4). You (are) = Tu (Hai)
5). He / She / It (Is) = Yah (Hai)
6). He / She / It (Is) = Vah (Hai)
6). We (are) = Hum (Hain)
7). They (are) = Ye (Hain)
8). They (are) = Ve (Hain)
……
Jika diperhatikan, setiap subjek dalam bahasa hindi punya to be yang berbeda-beda walaupun ada beberapa subjek yang mempunyai to be yang sama dengan subjek lain. Lalu jika diperhatikan lagi, dalam bahasa hindi ada tiga varian kata untuk kata ganti orang kedua tunggal dan jamak. Nah yang jadi pertanyaan, apa perbedaan di antara ketiga kata tersebut?
Let me explain it!
……
- Aap (Anda)
'Aap' berarti 'Anda'. Jika dilihat dari maknanya, 'Aap' adalah kata ganti orang kedua yang digunakan untuk orang yang dihormati dan untuk orang yang lebih tua ataupun untuk orang yang belum kita kenal. Secara gramatikal, 'Aap' selalu berbentuk jamak meskipun orang yang ditunjuk hanya berjumlah satu orang.
……
- Tum (Kamu)
'Tum' berarti 'Kamu'. Jika dilihat dari maknanya, kata 'Tum' digunakan untuk orang yang seumuran ataupun dengan teman. Secara gramatikal, 'Tum' selalu berbentuk jamak sama seperti kata 'Aap' meskipun orang yang ditunjuk hanya satu orang.
……
- Tu (Kau)
'Tu' berarti 'Kau'. Jika dilihat dari maknanya, 'Tu' digunakan untuk orang yang sudah benar-benar akrab dengan kita atau kepada orang yang usianya jauh lebih muda dari kita, misalnya orang tua ke anaknya atau bisa juga digunakan oleh bos kepada anak buahnya. Secara gramatikal, 'Tu' selalu berbentuk tunggal. Jika kalian berbicara kepada orang yang lebih tua dengan kata ganti ini, maka kalian akan dianggap sangat tidak sopan.
……
Itulah perbedaan antara ketiga kata ganti orang kedua tunggal dan jamak dalam bahasa hindi.
……
Sebenarnya, dalam bahasa hindi tidak ada kata ganti orang ketiga tunggal dan jamak (Dia, Mereka), untuk menunjuk orang ketiga tunggal dan jamak, orang-orang India menggunakan kata ganti penunjuk untuk menggantikan kata ganti orang ketiga tunggal dan jamak.
Contoh:
- Dia adalah kakak laki-lakiku =
Vah mera bhai hai
……
Secara harfiah, kalimat 'Vah mera bhai hai' berarti 'Itu adalah kakak laki-lakiku'. Tapi kata ganti penunjuk bisa digunakan sebagai kata ganti orang ketiga tunggal dan jamak.
……
Ada satu hal lagi yang perlu kalian ketahui tentang kata ganti orang ketiga tunggal dan jamak dalam bahasa hindi, yaitu orang-orang india biasa mengeja 'Yah' sebagai 'Ye' dan 'Vah' sebagai 'Woh'.
……
Lalu, mengapa di setiap akhir kalimat bahasa hindi selalu ada kata 'Hai' / 'Hain'?
Jawabannya adalah,
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa 'Hai' dan 'Hain' adalah salah satu to be dalam bahasa hindi.
'Hai' / 'Hain' dalam bahasa hindi memiliki fungsi yang sama dengan kata 'Is' / 'Are' dalam bahasa inggris atau kata 'Adalah' dalam bahasa indonesia.

1 komentar: