Sabtu, 02 April 2016

Gender Kata Benda dalam Bahasa Hindi

Bahasa Hindi bahasa dari cabang rumpun bahasa Indo-Arya yang merupakan keluarga besar dari rumpun bahasa Indo-Eropa.
Bagi kalian yang pernah mempelajari bahasa-bahasa eropa seperti bahasa Jerman, Spanyol, Prancis dll pasti pernah mendengar kata Gender Kata Benda. Ya! Karena kata benda dalam bahasa-bahasa eropa memiliki gender atau jenis kelamin. Mungkin kalian pernah mempelajari atau bahkan sudah mahir dalam gender kata benda pada bahasa-bahasa eropa tersebut tapi ternyata kata benda dalam bahasa Hindi pun punya gender atau jenis kelamin, tapi tenang saja karena gender kata benda dalam bahasa Hindi hanya ada dua; Maskulin dan Feminin. Namun gender kata benda dalam bahasa Hindi terbagi menjadi 4 tipe, mau tahu seperti apakah gender kata benda dalam bahasa Hindi?
Yuk kita bahas gender kata benda dalam bahasa Hindi.

Kata Benda Maskulin.
1). Kata Benda Maskulin tipe pertama..

Kata benda maskulin tipe pertama ini adalah kata benda maskulin yang bisa dikenali dengan adanya akhiran -a di akhir ejaan kata benda maskulin tersebut.
Contoh:
- Kutta (Anjing)
- Ladka (Laki-laki)
- Ghoda (Kuda)
- Bakra (Kambing)
- Gala (Tenggorokan)
Dll

2). Kata Benda Maskulin tipe kedua..

Kata benda maskulin tipe kedua ini adalah kata benda maskulin yang tidak mempunyai akhiran apapun di akhir ejaannya dan kata benda maskulin ini tidak bisa dikenali karena tidak adanya akhiran tertentu yang bisa dipakai untuk mengenali gender dari kata benda tersebut dan kata benda maskulin tipe kedua ini harus benar-benar dihafal.
Contoh:
- Oont (Unta)
- Akhbaar (Koran)
- Hiran (Rusa)
- Mastishk (Otak)

Kata Benda Feminin
1). Kata Benda Feminin tipe pertama..

Kata benda feminin tipe pertama ini adalah kata benda feminin yang bisa dikenali dengan adanya akhiran -i di akhir ejaannya.
Contoh:
- Ladki (Gadis)
- Billi (Kucing)
- Titli (Kupu-kupu)
- Ungli (Jari)
Dll

2). Kata Benda Feminin tipe kedua..

Kata benda feminin tipe kedua ini adalah kata benda feminin yang tidak bisa dikenali karena tidak adanya akhiran tertentu yang bisa dipakai untuk mengenali gender kata benda tersebut dan kata benda feminin tipe kedua ini harus benar-benar dihafal.
Contoh:
- Kitaab (Buku)
- Battakh (Bebek)
- Bhains (Banteng)
- Jeebh (Lidah)
- Kamar (Pinggang)
Dll

Itu adalah keempat tipe dari masing-masing gender kata benda dalam bahasa Hindi, namun terkadang ada kata yang 'tidak' mengikuti aturan seperti di atas, misalnya kata; Bhasha (Bahasa).
Kata 'Bhasha' memang berakhiran -a namun kata 'Bhasha' bergender feminin.
Dan masih banyak kata benda bergender yang tidak mengikuti aturan seperti di atas tapi meskipun ada beberapa kata yang tidak mengikuti aturan seperti di atas, kita tetap wajib menghafal aturan-aturan seperti di atas karena itu sangat penting. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar