Rabu, 27 Januari 2016

Kata Ganti Orang dalam Berbagai Kasus


Kata ganti orang dalam berbagai Kasus 
(bahasa
Jerman)


Nominativ

Akkusativ

Genetiv (Maskulal)

Dativ

Ich (saya)

mich

mein

mir

Du (kamu)

dich

dein

dir

Er (dia [m])

ihn

sein

ihm

sie (dia [f])

sie

ihr

ihr

es (dia [n])

es

sein

ihm

Wir (kami)

uns

unser

uns

Ihr (kalian)

euch

euer

euch

Sie (Anda)

Sie

ihr

ihnen

sie (mereka)

sie

ihr

ihnen



kita sudah berkenalan dengan kata ganti orang dalam bentuk
nominativ, yang merupakan bentuk dasar dari sebuah kata ganti orang, kemudian
dari nominativ ini akan diturunkan kedalam tiga kasus lainnya, yakni akkusativ,
genetiv dan dativ.



nah, kasus akkusatif ini adalah kasus yang bertindak
sebagai objek, kalau di dalam bahasa Inggris,  padanannya seperti me, you, him,
her, us, you, them.



Contoh akkusatif:

Du liebst mich = kamu mencintai saya

Ich liebe dich = Saya mencintai kamu

Ich liebe ihn/sie/es = Saya mencintainya

Sie liebt uns = Ia mencintai kami

Ich liebe euch = Saya mencintai kalian

Ich liebe Sie = Saya mencintai Anda

Ich liebe sie = Saya mencintai mereka



Sedangkan kasus genitif (kepemilikan)

Das ist mein Bleistift = itu adalah pensil saya

Das ist dein Brief = itu adalah surat kamu

Das ist sein stuhl = itu adalah kursinya



Sebagai kasus datif (objek tak langsung)

Er gibt mir ein buch = Ia memberikan kepadaku
sebuah buku

Du schreibst uns ein brief = Ia menuliskan kepada
kami 
sebuah surat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar