Sabtu, 02 Januari 2016

Struktur Kalimat Bahasa Hindi

Shubh madhyantar..
Abhi aap log kya kar rahe hain?
Kya aap log taiyaar kar rahe hain
nav warsh ke liye?
Hehe adm Aldi hadir kembali ^^
Malam ini kita akan membahas tentang struktur kalimat atau pola kalimat bahasa hindi
..
check it out!
......
Pola kalimat adalah suatu rumus untuk membuat sebuah kalimat dengan benar,
ketika kita belajar bahasa asing, pasti yang pertama kali dilakukan adalah mencari tahu pola kalimat dari bahasa yang sedang kita tersebut,
karena jika kita tidak tahu pola kalimat yang sedang kita pelajari,
rasanya akan sia-sia,
bayangkan saja jika kita hanya mempelajari gramatikanya saja dan pola kalimatnya kita abaikan,
itu akan sia-sia.
.....
Bahasa hindi adalah bahasa dari rumpun bahasa Indo-Arya,
pola kalimat bahasa hindi berneda dengan pola kalimat bahasa indonesia ataupun bahasa inggris,
Jika bahasa inggris dan bahasa indonesia berpola kalimat SPO,
maka bahasa hindi memiliki pola SOP
...
NB =
SPO = Subjek   Predikat   Objek
SOP = Subjek   Objek   Predikat
.....
Ya! pola kalimat bahasa hindi adalah SOP,
maka dari itu kita tidak akan menemukan kalimat 'Aku makan nasi' dalam bahasa hindi,
justru kita akan menemukan kalimat 'Aku nasi makan' ,
Itu disebabkan dalam bahasa hindi, objek dalam sebuah kalimat diletakkan setelah subjek dan predikat atau kata kerjanya diletakkan di akhir kalimat,
Ya! itu memang akan sedikit membingungkan, tapi percayalah, tidak ada yang tidak munglin bila kalian sudah niat untuk belajar :)
Berikut adalah beberapa contoh perbedaan kalimat dalam bahasa indonesia dengan bahasa hindi :
-- Bahasa Indonesia --
1). Aku sedang pergi ke kuil
....
2). Aku sudah makan sebuah apel
....
-- Bahasa Hindi --
1). Main mandir jaa raha hoon
(Arti menurut transliterasi bahasa indonesia: Aku kuil sedang pergi)
.....
2). Maine ek seb khaya
(Arti menurut translitersi bahasa indonesia: Aku sebuah apel sudah makan)
...........................
Ya! memang agak sulit,
tapi jika rajin dipelajari,
kita akan paham dengan sendirinya
........
Contoh kalimat bahasa hindi :
- Aku pergi ke masjid =
Main masjid jaata / jaati hoon
.........
Uraian =
Main = Aku
Masjid = Masjid
Jaata / Jaati = Pergi
Hoon = "to be dari 'Main' "
......
DLL
....
Itulah pengetahuan sekilas tentang pola kalimat bahasa hindi :)
Semoga Bermanfaat ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar